Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 11, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan UNIGA

Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Pembinaan Guru terhadap Disiplin Kerja dalam Mewujudkan Mutu Pelayanan Pendidikan

Pupah Mustika (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2017

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji dan menganalisis tentang pengaruh pelaksanaan kebijakan pembinaan guru terhadap disiplin kerja dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan studi lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab hipotesis penelitian penelitian adalah analisis statistik dengan model analisis jalur (path analysis). Lokasi penelitian adalah di MTs se- Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, dengan jumlah responden sebanyak 62 orang. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pembinaan guru berpengaruh positif secara signifikan terhadap disiplin kerja dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan. Adapun pengujian pada sub-sub hipotesis menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan pembinaan guru memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap disiplin kerja guru. Pelaksanaan kebijakan pembinaan guru memiliki pengaruh langsung dan tidak langsung secara positif dan signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Disiplin kerja memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap mutu pelayanan pendidikan. Penelitian ini berkesimpulan bahwa untuk meningkatkan disiplin kerja dan mutu pelayanan pendidikan, dapat dilakukan dengan meningkatkan pelaksanaan kebijakan pembinaan guru. Kata kunci: disiplin, guru, kebijakan, pembinaan, pelayanan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...