Jurnal Pendidikan UNIGA
Vol 4, No 1 (2010): Jurnal Pendidikan UNIGA

PENGARUH PENERAPAN METODE DRILL DALAM PRAKTEK IBADAH TERHADAP DISIPLIN SISWA DALAM MELAKSANAKAN SHALAT (Penelitian di SDN Sanding VI Malangbong Garut)

Ela Laelasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2017

Abstract

Penggunaan berbagai macam metode dalam proses pembelajaran akan sangat menentukan suatu tingkat keberhasilan yang berbeda-beda tergantung kepada tingkat kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran dan peserta didik dalam memahami pelajaran tersebut. Guru harus pandai memilih dan memilah metode mana yang akan digunakan dan metode mana yang tepat dalam praktek ibadah. Salah satu metode yang dianggap tepat adalah metode drill, sehingga dengan penggunaan metode ini diharapkan disiplin peserta didik dalam melaksanakan shalat akan lebih meningkat. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui penggunaan metode drill dalam praktek ibadah, dan mengetahui disiplin mereka dalam melaksanakan shalat dan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan metode drill dalam praktek ibadah dengan disiplin mereka dalam melaksanakan shalat. Penelitian ini melibatkan siswa SDN Sanding Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini berlangsung dengan menggunakan penelitian deskriptif untuk menganalisis keterkaitan antara variabel-variabel dalam satu fenomena yang diteliti. Dari hasil perhitungan nilai rata-rata jawaban responden sebesar 4.3. Angka tersebut berada diantara nilai 3,5 - 4,5. termasuk kedalam kategori sangat tinggi. Nilai korelasi sebesar 0.82 dengan kualifikasi tinggi. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan harga T hitung sebesar 3.68 lebih besar daripada Ttabel sebesar 2,10. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Adapun kadar pengaruhnya mencapai 18%. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa masih ada sekitar 82% faktor lain. Kata kunci : Metode Drill, Praktek Ibadah, Disiplin Siswa, Shalat

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan adalah media ilmiah yang memuat gagasan ilmiah yang bersumber dari hasil penelitian, yang menyangkut tentang hal-hal yang berkenaan dengan model/ strategi/ bentuk pendidikan sebagai proses pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan/ atau kebiasaan sekelompok orang yang ditransfer ...