Abstrak   Saat  ini  mesin  kendaraan  bermotor  mempunyai  engine  map  yang  dapat  diubah-ubah mappingnya sesuai keinginan pemilik. Salah satu cara untuk mendapatkan map terbaik tentu saja diperlukan cara khusus agar tidak melakukan kesalahan dalam melakukan perubahan tersebut. Artificial neural Network (ANN), saat ini sangat memegang peranan penting dalam melakukan optimasi terhadap efisiensi kinerja mesin, khususnya penurunan konsumsi bahan bakar.   Penelitian ini, dilakukan dengan tujuan untuk melakukan simulasi untuk mendapatkan kinerja mesin yang efisien. pertama-tama akan dilakukan pengambilan sejumlah data  menggunakan scanner  pada engine control unit  (ECU) untuk mengetahui engine map saat ini (existing). Selanjutnya adalah melakukan optimasi menggunakan pemodelan menggunakan Artifcial Neural Network  (ANN). Pada simuasi ANN, digunakan kecepatan mesin, bukaan throttle, ignition timing dan time injection sebagai input, sedangkan output adalah torsi dan konsumsi bahan bakar. Optimasi dilakukan pada beberapa kondisi, yaitu posisi ignition timing maju 10%, 15%, 20%, 25%, 30%, 35%, dan 40% serta mundur 10%, 15% dan 20%. Hasil optimasi ANN menunjukkan hasil yang maksimal pada posisi ignition timing maju 20%, yaitu menurunkan konsumsi bahan bakar sampai 12%, sedang pada pisisi ignition timing yang lain, terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar, sehingga dapat mengurangi efisiensi mesin.  Kata kunci: Peningkatan efisiensi, Sistem injeksi, Artificial Neural Network
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2014