JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal)
Vol 1 No 3 (2018): Vol. 1. No. 3 November 2018

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA

Marzuki Ahmad (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Eva Yanti Siregar (Pendidikan Matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Dwi Putria Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) dalam membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika (KBLM) siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen dengan rancangan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019. Kemudian diangkat sampel dengan teknik cluster random sampling sehingga terpilih sampel penelitian yang dijadikan sebagai kelas eksperimen atau yang diberi perlakuan dengan pendekatan PMR yaitu kelas VII-1 sebanyak 32 orang. Pengumpulan data penelitian mengunakan instrumen yang meliputi tes, lembar observasi dan angket. Data yang dikumpulkan terdiri dari data KBLM siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data respon siswa terhadap perangkat pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan PMR sebanyak 4 kali pertemuan memberikan simpulan penelitian bahwa: (1) Ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal, yaitu diperoleh ketuntasan klasikal siswa kelas eksperipen diatas 85% yaitu 87,50%. (2) Aktivitas siswa dalam pembelajaran adalah efektif, yaitu semua aktivitas yang diobservasi dalam kegiatan pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan. (3) Respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, yaitu respon siswa terhadap semua aspek perangkat berada di atas 80% yaitu sebesar 95,94%. Dengan demikian penerapan pendekatan PMR efektif dalam membelajarkan KBLM siswa SMP.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Ruang lingkup artikel ilmiah yang dapat diterbitkan dalam jurnal ini adalah sebagai berikut: Model Pembelajaran Matematika, Media dan Multimedia Pembelajaran Matematika, Kurikulum dalam Pendidikan Matematika, Penilaian (Assesment) dan Evaluasi dalam Pendidikan Matematika, Pengembangan Profesional ...