Observasi
Vol 11, No 2 (2013): Dinamika Komunikasi Politik Menjelang Pemilu 2014

Pesan Politik di Media Televisi Menjelang Pemilihan Umum 2014

Noneng Sumiaty (Balai Pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika Bandung)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2013

Abstract

Pesta demokrasi yang akan dilaksanakan tahun 2014 mendatang merupakan hak rakyat untuk memilih wakilnya sebagai anggota legislatif dan memilih  pemimpinnya di bidang eksekutif yaitu presiden dan wakil presiden. Pemilihan Umum (Pemilu) akan dilaksanakan secara langsung oleh rakyat dan bersifat rahasia. Saat ini partai politik melalui  media massa dalam menghadapi Pemilu telah melakukan berbagai kegiatan baik secara terselubung atau terang-terangan. Pesan politik dikemas dan ditayangkan dalam berbagai media  elektronik seperti di televisi baik berupa iklan atau acara talk show,  yang dipandu langsung oleh host/penyiar dari stasiun televisi penyelenggara. Penayangan iklan dan acara talk show di televisi dianggap lebih efektif oleh partai politik dalam menyebarkan pesan ke masyarakat, mereka mengharapkan penonton dapat memilihnya dalam Pemilu 2014 mendatang.

Copyrights © 2013