JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol 8, No 1 (2020): June 2020

Berpikir Kreatif dalam Pengajuan Masalah Matematis

Maria Martini Aba (Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)
Toto Nusantara (Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Kemampuan pengajuan masalah matematis merupakan aspek penting yang harus diperhatikan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki dan mendeskripsikan kemampuan pengajuan masalah matematis siswa terkait berpikir kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Muallimin Blitar-Malang. Subjek penelitian terdiri dari 28 orang siswa. Dari hasil tes ditemukan bahwa siswa yang mampu mengajukan masalah matematis dilihat dari apakah pengajuan masalah matematis tersebut memenuhi kriteria dalam indikator berpikir kreatif yang meliputi kelancaran, keluwesan, keaslian dan elaborasi. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta penelitian dalam pengajuan masalah matematisnya tidak sampai sebagian memenuhi kriteria atau tuntutan dalam indikator berpikir kreatif, pola berpikir kreatif mereka masih rendah yang ditunjukkan dari pengajuan masalah yang diajukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...