Kemampuan psikomotorik adalah suatu kemampuan yang dihubungkan dengan gerakan, perilaku serta koordinasi jasmani fisik seseorang. Perlu diketahui bersama dalam dunia pendidikan kemampuan psikomotorik seringkali diperlukan dan dimunculkan pada tengah proses pembelajaran suatu lembaga pendidikan sehingga pada pelaksanaannya diperlukan suatu tindakan yang mana hal itu hendaknya diarahkan pada pencapaian tujuan yang telah direncanakan, sehingga seluruh komponen, langkah dan usaha hendaknya diperhatikan dan difahami lebih dalam. Tujuan dari tinjauan literatul ini dikhususkan untuk mengetahui segala langkah dan usaha yang dilakukan untuk mengoptimalkan kemampuan psikomotorik peserta didik pada proses pembelajaran pendidikan jasmani. Tinjauan ini berisi jurnal yang telah disesuaikan dengan pedoman bahan pembelajaran pendidikan jasmani, yang mana kemudian dijadikan sumber dan disesuaikan dengan topik. Dari beberapa jurnal yang telah dikumpulkan ditemukan faktor aspek pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran, sikap profesional dalam membuat metode, menentukan desain pembelajaran yang efektif efisien dengan melihat segala kendala, problematika serta peluang peningkatan keterampilan psikomotorik peserta didik. Oleh karena itu diperlukan suatu langkah alternatif dan usaha yang ditujukan guna meningkatkan kemampuan peserta didik pada proses pembelajaran pendidikan jasmani.
Copyrights © 2020