Variasi dalam pembelajaran sangat penting untuk diterapkan di sekolah agar siswa tidak merasa jenuh dan kurangnya motivasi dalam belajar. Salah satunya yaitu dengan pengadaan media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash dapat menjadi salah satu alternatif pilihan media khususnya pada saat adanya virus pandemi Covid-19 seperti saat ini, sehingga dapat menjadi satu diantara cara bagi guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Data diperoleh dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil kelayakan yang didapatkan dari penelitian ini yaitu dilakukan oleh tim ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan kategori interpretasi “Sangat Layakâ€, sedangkan respon siswa yang diketahui dari uji coba secara terbatas pada siswa kelas 4 didapatkan kategori interpretasi “Sangat Baikâ€. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash pada materi gaya (macam-macam gaya) sangat baik dan layak digunakan di sekolah dasar. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash ini berimplikasi pada meningkatnya motivasi belajar, memudahkan siswa dalam memahami materi di masa pandemi covid-19, dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020