Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 17, No 2 (2020): Edisi Juli 2020

PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN SISTEM REM

Handoyono, Nurcholish Arifin (Unknown)
Suparmin, Suparmin (Unknown)
Nugroho, Heryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2020

Abstract

Revolusi industri 4.0 menuntut bahwa pendidikan untuk keterampilan abad ke-21 saja tidaklah cukup, tetapi harus mempertimbangkan manajemen pembelajaran dalam aspek sosial dan pembelajaran virtual. E-Modul merupakan perwujudtan dalam menjawab tantangan tersebut sebagai media pembelajaran online yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi untuk mengefektifkan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis lectora pada pembelajaran sistem rem. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Delevopment) dengan 4 tahap (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Penelitian dilakukan pada siswa XI TKR SMK Muhammadiyah 2 Playen sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis lectora. Hasil uji kelayakan e-modul sistem rem oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81% dikategorikan sangat baik, oleh ahli media sebesar 85% dikategorikan sangat baik, oleh uji coba kelompok kecil sebesar 83% dikategorikan sangat baik, dan oleh uji coba kelompok besar nilai sebesar 79% dikategorikan baik. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis lectora yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran sistem rem.Kata kunci: e-modul, lectora, sistem rem

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...