Revolusi industri 4.0 menuntut bahwa pendidikan untuk keterampilan abad ke-21 saja tidaklah cukup, tetapi harus mempertimbangkan manajemen pembelajaran dalam aspek sosial dan pembelajaran virtual. E-Modul merupakan perwujudtan dalam menjawab tantangan tersebut sebagai media pembelajaran online yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi untuk mengefektifkan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis lectora pada pembelajaran sistem rem. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Delevopment) dengan 4 tahap (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Penelitian dilakukan pada siswa XI TKR SMK Muhammadiyah 2 Playen sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis lectora. Hasil uji kelayakan e-modul sistem rem oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81% dikategorikan sangat baik, oleh ahli media sebesar 85% dikategorikan sangat baik, oleh uji coba kelompok kecil sebesar 83% dikategorikan sangat baik, dan oleh uji coba kelompok besar nilai sebesar 79% dikategorikan baik. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis lectora yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran sistem rem.Kata kunci: e-modul, lectora, sistem rem
Copyrights © 2020