Perkembangan pembelajaran abad 21 menuntut guru dan siswa mandiri dalam belajar dan mengembangkan keterampilannya, sehingga kemandirian belajar siswa perlu ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metode blended learning berbantuan google classroom dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI IPA 3 SMA dengan jumlah siswa sebanyak 25.  Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan metode blended learning, lembar observasi aktivitas siswa, angket kemandirian belajar dan angket respon siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik persentase, mean, n-gain, dan paired t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan blended learning terlaksana dengan baik dengan rata-rata presentase pada tahap 1 sebesar 93,75%, tahap 2 sebesar 100% dan tahap 3 sebesar 97,91% dan persentase aktivitas siswa yang terlibat aktif dan relevan dengan penerapan blended learning sebesar 95. Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik simpulan bahwa penerapan blended learning berbantuan google classroom efektif dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021