Sebagai sebuah sarana transportasi umum yang cukup diminati, Kereta Api memiliki beberapa masalah yang sampai sekarang belum bisa teratasi. Salah satunya adalah gangguan operasional akibat genangan air. Pene ntuan lokasi dan faktor yang mempengaruhi penanganan gangguan operasional Kereta Api pada saat terjadi genangan air disusun dengan menggunakan pairwise comparation. Sedangkan dalam penentuan alternatif strategi disusun menggunakan analisis SWOT. Sehubungandengan hal tersebut, maka dirancanglah sebuah sistem pendukung keputusan penanangan gangguan dengan menggunakan metode Analitical Hierarcy Process (AHP). Dalam pengambilan keputusan ini penulis melakukan beberapa tahapan, yaitu Analisis SWOT, Modelling, dan Choice. Alat bantu yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah Expert Choice 11. Alternatif yang menjadi sistem pengambilan keputusan penanganan gangguan operasional pada saat terjadi genangan air tersusun menjadi 4 alternatif. Dari altefnatif yang telah dibuat dengan menggunakan expert choice 11 menghasilkan keputusan penanganan gangguan operasional Kereta Api akibat genangan air adalah alternatif 3, yaitu Kereta Api tidak bisa lewat, menunggudilakukan perbaikan cepat agar dapat kembali beroperasi lagi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020