Kepribadian merupakan salah satu aspek psikologis yang penting dalam memprediksi banyakperilaku manusia, termasuk perilaku manusia dalam dunia industridan organisasi seperti gayakepemimpinan individu, performansi kerja, prokrastinasi ataupun perilaku cyberloafing. Salahsatu jenis kepribadian pada individu adalah Big Five yang dan kini telah berganti nama menjadiNew Five Factor Inventory (NEO-PI). Pengembangan alat ukur mengenai NEO PI-R gunakepentingan asesmen dalam dunia industri dan orgnisasi menjadi tujuan utama penelitian ini.Reponden dalam penelitian ini berjumlah 194 responden yang diperoleh melalui pengambilandata dengan menggunakan google form. Analisis uji validitas isi, daya diskriminasi item, sertareliabilitas digunakan untuk melihat efektivitas setiap item dalam skala NEO-PI. Hasil analisismenunjukkan bahwa 63 dari 91 item direvisi oleh peneliti. Terdapat 18 dari 240 item yangmemiliki koefisien daya diskriminasi di bawah 0,2 dengan koefisien reliabilitas alpha berstrataberkisar dari 0,785 – 0,948. Meskipun terdapat 18 item yang gugur, hasil perhitungan reliabilitasdengan menggunakan alpha berstrata, menunjukkan koefisien reliabilitas setiap dimensi NEOPI-R >0,7. Hasil ini menunjukkan bahwa alat ukur NEO PI-R dapat diandalkan untuk pengukurankepribadian individu secara umum melalui self-report. Situasi dan kondisi pengisian kuesionerharus dipertimbangkan oleh penelitian sleanjutnya mengingat banyaknya jumlah item yangdisajikan. Uji validitas konstruk juga perlu dilakukan dalam penelitian selanjutnya, mengingatalat ukur NEO PI-R merupakan bentuk skala adaptasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021