Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah
Vol 5, No 2 (2020): DECEMBER

ANALISIS TINGKAT VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS DENGAN SISTEM BARCODE

Mariyani Mariyani (Universitas Sriwijaya)
Rini Setiyowati (Universitas Sriwijaya)
Husnul Fatihah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas lembar kerja peserta diidk berbasis HOTS dengan sistem barcode pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk menghimpun data dari para validator mengenai aspek materi, media, dan bahasa dalam lembar kerja peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk menghimpun data mengenai materi yang akan dikembangkan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Tingkat validitas aspek materi dinyatakan valid dengan skor 85.7 % (2) Tingkat validitas aspek media dinyatakan valid dengan skor 84.8 %. Dengan demikian, bahan ajar yang telah dikembangkan dinyatakan valid.Abstract:  This study aims to determine the validity level of HOTS-based student worksheets with the barcode system in civic education subjects. This research is a Research and Development (RnD) research with questionnaire data collection techniques and documentation. Questionnaires are used to collect data from validators regarding aspects of material, media, and language in student worksheets. Documentation is used to collect data about the material to be developed. The analysis technique used is descriptive quantitative. The conclusions of the research results are as follows: (1) The level of validity of the material and language aspects is valid with a score of 85.7% (2) The level of validity of the media aspects is declared valid with a score of 84.8%. Thus, HOTS-based student worksheets with the barcode system that have been developed are declared valid.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

historis

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Historis merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang kependidikan khususnya sejarah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Mataram dengan ISSN 2549-7332 (Print) dan ISSN 2614-1167 (Online). Terbit pertama kali Juni 2017. Adapun ruang lingkup Jurnal ...