Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 16, No 2 (2020): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 4 BONE

Angraeni, Ita (Unknown)
Amin, Bunga Dara (Unknown)
Ali, M. Sidin (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni yang bertujuan untuk mengetahui gambaran pemahaman konsep fisika peserta didik dan motivasi belajar fisika peserta didik dengan pemberian tugas melalui model pembelajaran discovery. Penelitain ini dilaksanakan di SMAN 4 Bone tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah sampel kelas X MIA 3 yang berjumalah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA 4 yang berjumlah 34 peserta didik. Alat pengumpulan data mengunakan instrumen tes berupa tes pemahaman konsep fisika peserta didik pada rana pemahaman serta instrumen non tes tes motivasi belajar fisika peserta didik mengunakan angket motivasi belajar. Hasil penelitian yang diperoleh gambaran pemahaman konsep dan motivasi belajar fisika peserta didik yang terbentuk dengan menerapkan model pembelajaran discovery berada pada kategori tinggi untuk kelas eksperimen. Skor pemahaman konsep dan motivasi belajar memenuhi kriteria ketuntasan pembelajaran dikelas yaitu skor rata-rata siswa kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol dilihat dari tes pembelajaran yang telah dilakukan di sekolah.

Copyrights © 2020