Jurnal Nalar Pendidikan
Vol 8, No 2 (2020): JURNAL NALAR PENDIDIKAN

PERBEDAAN BENTUK REPRESENTASI BRAIN MEMORY SISWA DALAM SOAL BERTIPE MULTIPLE CHOICE DAN SOAL BERTIPE ESSAY TERHADAP PEMAHAMAN METAKOGNISI BIOLOGI

Fauzan, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perubahan representasi memori otak siswa yang berupa soal pilihan ganda dan jenis uraian yang sering digunakan dalam proses pemesanan di sekolah. Metode penelitian eksperimen semu. Uji normalitas uji Chi Square. Pengujian kelompok eksperimen X 2 hitung = 5,610  ≤ X 2 tabel = 11,070 , data berdistribusi normal. Kelompok kontrol  X 2 hitung = 10.665 ≤   X 2 tabel =  11.070 , data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dengan uji F. F hitung = 1,191  ≤  F tabel = 2,17, datanya homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t didapatkan t hitung = 2,835 dan t tabel = 1,684  pada taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (db = 38)  t hitung >  t tabel ( 2,832> 1,684) , maka H 0 ditolak H 1 diterima, terdapat perbedaan representasi memori otak siswa pada soal jenis uraian dan soal pilihan ganda pada pemahaman metakognisi biologis.  Kata kunci: memori otak, metakognisi , representasi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nalar

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Nalar Pendidikan merupakan wadah publikasi hasil karya penelitian yang bersifat kependidikan yang diterbitkan oleh LPM Penalaran UNM. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, terdiri atas 10 karya yang berasal dari dosen, guru, dan mahasiswa. Karya tulis yang diterbitkan dalam jurnal ini ...