Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 5, No 2 (2019)

PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN PETA KONSEP

Nurbani, Anggita Repsi (Unknown)
Siahaan, Parsaoran (Unknown)
Amsor, Amsor (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran fisika selama ini masih cenderung bersifat informatif dan matematis, siswa kurang terlibat aktif dalam proses membangun konsepnya sendiri melalui aktivitas ilmiah, sehingga mengakibatkan rendahnya penguasaan konsep di SMA Negeri 13 Bandung. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai ulangan akhir sekolah siswa yang masih dibawah rata-rata nilai kriteria kelulusan minimum (KKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis penguasaan konsep siswa melalui penerapan peta konsep. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain eksperimen one group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI MIPA 2 di SMA Negeri 13 Bandung sebanyak 30 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penguasaan konsep siswa dilihat dari skor rata-rata gain yang didapat sebesar 0,69. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan peta konsep dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dengan kategori sedang. Untuk korelasi hubungan antara kemampuan membuat peta konsep dengan penguasaan konsep sebesar 0,51 yang termasuk ke dalam kategori cukup.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...