Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 6, No 1 (2020)

ANALISIS KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI VERBAL DAN GRAFIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA TENTANG KARAKTERISTIK GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK

Khoiroh Nur, Siti Umayatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Mahasiswa jurusan pendidikan dituntut tidak hanya memahami suatu konsep materi saja, namun harus memiliki kemampuan multirepresentasi menyelesaikan permasalahan dalam bentuk lain. Analisis dengan tujuan mengetahui pemahaman konsep karakteristik gelombang eleketromagnetik mahasiswa semester 3 pendidikan fisika universitas jember, menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Hasil data  diproleh bahwa responden memiliki kemapuan representasi Verbal senilai 78,5%, lebih tinggi dibandingakan representasi Grafik yaitu 59,9%. Selisih kemampuan representasi Verbal dan representasi Grafik mahasiswa sebesar 18,60%. Dengan demikian, analisis kemampuan multirepresentasi siswa pada materi Karakteristik gelombang elektromagnetik tinggi pada format representasi verbal.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...