AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori pembelajaran lokal pada konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Model dan konteks merupakan komponen yang menjadi perhatian penting dalam mendukung pemahaman konsep matematika siswa. Penelitian ini menggunakan teori pendidikan matematika realistik dengan model netralisasi pada garis bilangan (NNL) dan konteks penskoran serta permainan kartu bilangan dua warna untuk mendukung pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa. Dengan metodologi penelitian design research, Hipotesis Lintasan Belajar (HLB) dikembangkan pada tahap pertama, dilanjutkan dengan penerapan HLB tersebut di kelas, dan analisis retrospektif untuk membandingkan bagaimana proses pembelajaran berlangsung dibandingkan dengan desain HLB. Data diperoleh dengan mendokumentasikan pembelajaran di kelas, mengumpulkan hasil kerja siswa dan melakukan wawancara. Model NNL dan konteks penskoran serta permainan kartu bilangan dua warna memiliki potensi dalam mengembangkan konsep “tambah†dan “kurang†yang melibatkan bilangan bulat negatif. Namun demikian, beberapa perbaikan perlu menjadi pertimbangan dalam mengimplementasikan HLB di ruang kelas.
Copyrights © 2020