Edutech
Vol 19, No 3 (2020)

EFEKTIVITAS PEMANFAATAN SEESAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR

Hindasah, Ida (Unknown)
Maskur, Maskur (Unknown)
Risnandah, Yuan (Unknown)
Halimah, Euis Teti (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Based on the results of observations at SDN 1 Karangmulya, especially during the Covid 19 pandemic, there were many difficulties in providing assessments during the distance learning process. So that the author and teacher at SDN 1 Karangmulya is looking for innovations to find out the active learning of students by utilizing information technology-based portfolio applications, namely the seesaw application. Seesaw is a learning platform that allows every student to have a learning journal in a virtual classroom. Seesaw is here and brings a change in the way teachers think about designing online authentic assessments. Through this application the teacher can provide information to parents about what students are doing in their class and can control children's behavior in an integrated manner with the teacher.The results of this study indicate that the portfolio assessment by utilizing the seesaw application shows good results. This is evidenced by the percentage of active student learning above the KKM. Berdasarkan hasil observasi di SDN 1 Karangmulya terutama dimasa pandemi covid 19 banyak kesulitan dalam memberikan penilaian selama proses pembelajaran jarak jauh. Sehingga penulis sekaligus  pengajar di SDN 1 Karangmulya mencari inovasi untuk megetahui keaktifan belajar peserta didik dengan memanfaatkan aplikasi portofolio berbasis teknologi informasi yaitu aplikasi seesaw. Seesaw merupakan sebuah platform pembelajaran yang memungkinkan setiap siswa untuk memiliki jurnal pembelajaran  di kelas  maya. Seesaw hadir dan membawa perubahan cara berfikir guru tentang merancang penilaian otentik secara online. Melalui aplikasi ini guru dapat memberikan informasi kepada orang tua  tentang apa yang dilakukan siswa di kelas mereka serta dapat mengontrol perilaku anak-anak secara terpadu bersama guru.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penilain portofolio dengan memanfaatkan aplikasi seesaw  menunjukan adanya hasil yang baik. Hal ini dibuktikan dengan persentase keaktifan belajar peserta didik di atas KKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edutech

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edutech adalah jurnal majalah ilmiah di Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia yang terbit sebanyak tiga kali dalam setahun pada bulan Februari, Juni, dan Oktober. Semua artikel yang dikirim melalui proses peer review double blind dan ulasan editor sebelum di ...