Al-Azhar Journal of Islamic Economics
VOLUME 2 NOMOR 2, JULI 2020

Fenomena Hoax dalam Iklan di Media Sosial Perspektif Etika Bisnis Islam

Ardhina Nur Aflaha (Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa)
Supriadi Muslimin (Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

Tulisan ini membahas tentang fenomena hoax dalam iklan di media sosial persepektif etika bisnis Islam. Fenomena hoax dalam iklan media sosial adalah informasi-informasi palsu suatu produk yang beredar di media sosial. Fenomena hoax dalam iklan di media sosial pada tulisan ini memiliki 3 jenis berdasarkan hoax yang beredar yakni : barang ilegal, pencurian data influencer dan pembobolan akun media sosial. Dari ketiga bentuk tersebut dianalisis dengan 5 prinsip dalam etika bisnis. Diketahu dari ke 3 jenis hoax yang beredar tidak satupun yang mengandung kelima unsur dari prinsip etika bisnis. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berfokus pada kajian pustaka.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ajie

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Al-Azhar Journal of Islamic Economics (AJIE) adalah terbitan berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Ekonomi Syariah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Azhar Gowa. AJIE terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan ...