ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi aritmetika sosial pada siswa SMP Negeri 3 Atambua menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B1 SMP Negeri 3 Atambua pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 15 orang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan soal tes. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing – masing siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, untuk proses belajar mengajar dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) hasil belajar siswa meningkat, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasan kelas mencapai 60%. Sedangkan pada siklus II persentase ketuntasan kelas meningkat menjadi 86,66%. Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi aritmetika sosial siswa kelas VII B1 SMP Negeri 3 Atambua.
Copyrights © 2021