Jurnal Abdidas
Vol. 1 No. 6 (2020): Vol 1 No 6 December 2020

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Daring di Era Pandemi di SMPIT Insan Rabbani

Syahrizal Dwi Putra (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Diah Aryani (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Winda Suci Lestari Nasution (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)
Sawali Wahyu (Universitas Esa Unggul, DKI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan jarak jauh adalah hal mutlak yang harus dibangun saat ini. Inilah tugas utama bagi para pendidik dan pemangku kepentingan di dunia pendidikan terutama di masa pandemi. Pengetahuan dan kemampuan guru SMPIT Insan Rabbani dalam penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) khususnya sistem pembelajaran yang terintegrasi atau Learning Management System (LMS) masih kurang. Untuk meningkatkan manajemen pembelajaran, pihak sekolah menginginkan pengembangan sistem manajemen pembelajaran daring khususnya di masa pandemi saat ini. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan praktek mandiri untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menggunakan LMS dan memberikan solusi tentang sistem manajemen pembelajaran. LMS dipilih agar guru dapat fokus memahami konsep sistem manajemen pembelajaran, fitur yang dimiliki oleh LMS dan trend LMS saat ini serta pemanfaatan LMS Edmodo. Hasil yang diperoleh adalah guru dapat memahami platform sistem manajemen pembelajaran yaitu Edmodo untuk membuat kelas daring, diskusi seperti pada jejaring sosial, memahami tahapan dalam memberikan atau mengungah materi dan tugas dan memahami pelaksanaan quiz/test/ujian secara daring.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...