Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 4, No 1: Januari 2021

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HUDA KUPANG

Halija Halija (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)
Fenny Tanalinal Khasna (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin Arifin (PGSD Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), dan (2) mengetahui nilai uji kelayakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan; (1) angket, (2) observasi, dan (3) wawancara. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan analisis deskriptif dengan uji kelayakan dari ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian ini adalah: (1) pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) kelas IV; (2) Hasil penilaian kelayakan oleh ahli materi dengan rerata skor 3,55 yang termasuk kategori layak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...