COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NOVICK TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GERAK

Novita Sukma Dewi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sumadi Sumadi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Novick terhadap prestasi belajar fisika siswa. Populasi dalam penelitian berjumlah 238 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan menggunakan uji t, setelah dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Novick terhadap prestasi belajar fisika siswa (uji t dengan signifikansi 0,000 < 0,01). 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...