COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2014)

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG

Jaka Julaeha Randasari (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Veator Renyaan (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dan dengan metode ceramah siswa kelas VIII SMP N 11. Sampel diambil secara undian. Kemampuan awal dari nilai UTS. Data hasil prestasi belajar fisika dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kecenderungan dan perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar Fisika yang diajar dengan strategi pembelajaran aktif Index Card Match dengan  metode ceramah (uji-t dengan signifikansi 0,003 < 0,01). Hal ini berarti ada pengaruh strategi pembelajaran aktif Index Card Match terhadap prestasi belajar Fisika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...