COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2015)

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN GETARAN DAN GELOMBANG ANTARA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN QUESTION STUDENT HAVE

Sumantri Sumantri (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (LC) dengan model pembelajaran Question Student Have (QSH); serta untuk mengetahui kategori prestasi belajar fisika antara kedua model.Jenis penelitian ini adalah Quasi Exsperiment, dengan populasi penelitian berjumlah 243 siswa dan sampel penelitian diambil dengan cluster random sampling. Teknik analisis data dengan uji-t setelahdilakukanujipersyaratan, yaitu uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC dengan QSH.Model pembelajaran LC termasuk kategori sangat tinggi sedangkan model pembelajaran QSH termasuk kategori tinggi.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...