COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2014)

PENGARUH CIRC (COOPERATIVE INTEGRED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN CAHAYA

Khafid Mansyur (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Veator Renyaan (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sumadi Sumadi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif dan komparatif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan dan perbedaan prestasi belajar fisika pokok bahasan cahaya siswa kelas VIII dengan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dan ceramah. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment.  Sampel diambil secara random sampling. Kemapuan awal diperoleh dari nilai UTS semester I. Data presatsi hasil belajar dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian secara deksriptif menunjukkan dengan CIRC pada kategori sangat tinggi, sedangkan dengan ceramah pada kategori tinggi. Secara komparatif ada perbedaan yang siknifikan antara menggunakan  CIRC dengan ceramah.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...