COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2014)

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR SISWA KELAS X SEMESTER GENAP SMA NEGERI 1 GALUR KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Dinni Tri Astuti (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.)
Widodo Budhi (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.)
Hidayati Hidayati (Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Macromedia Flash terhadap prestasi belajar fisika siswa serta untuk mengetahui kategori prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan randomized control-group pretest-posttest design. Sampel penelitian berjumlah 68 siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Galur Kulon Progo tahun pelajaran 2011/2012. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran Macromedia Flash terhadap prestasi belajar fisika siswa. Prestasi belajar fisika siswa dengan media pembelajaran Macromedia Flash termasuk kategori tinggi, sedangkan dengan metode ceramah tanpa Macromedia Flash termasuk kategori sedang

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...