COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 2 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POEW (PREDICT, OBSERVE, EXPLAIN AND WRITE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Ummi Lailatun Ni`mah (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini secara deskriptif bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika, yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran POEW dan model konvensional. Secara komparatif untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POEW terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII semester genap MTs. Mathali’ul Huda Pati Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment atau eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 110 siswa dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, diperoleh 74 siswa. Data prestasi hasil belajar diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan jawaban. Teknik analisis data meliputi uji-t, uji prasyarat analisis, uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara deskriptif kecenderungan prestasi belajar fisika yang pembelajarannya  menggunakan model pembelajaran POEW termasuk pada kategori tinggi dan model konvensional termasuk dalam kategori sedang. Terdapat perbedaan yang sangat signifikan prestasi belajar fisika siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran POEW dan pembelajaran konvensional. Sehingga ada pengaruh model pembelajaran POEW terhadap prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...