COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 7 No 2 (2020): COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika

Profil LKS Discovery-Character Experiment untuk Mengasah Sikap Ilmiah dan Karakter Siswa Kelas X SMK

Lieza Fadilah (Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas PGRI Madiun Jalan Setia Budi 85, Madiun 63118)
Tantri Mayasari (Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas PGRI Madiun Jalan Setia Budi 85, Madiun 63118)
Andista Candra Yusro (Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas PGRI Madiun Jalan Setia Budi 85, Madiun 63118)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan kelayakan, keterbacaan, dan format dari LKS Discovery-Character Experiment khususnya pada materi Suhu dan Kalor kelas X SMK untuk mengasah sikap ilmiah dan karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D namun hanya sampai pada tahap penilaian ahli. Kelayakan LKS ini dinilai oleh lima validator dengan aspek kelayakan LKS yaitu aspek didaktik, aspek konstruksi, dan aspek teknis. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif presentase. Melalui hasil penelitian dapat diketahui bahwa kelayakan LKS sebesar 92,151% dalam kriteria sangat layak. Adapun keterbacaan LKS diujikan kepada lima siswa SMK dengan aspek keterbacaan meliputi kemudahan penggunaan, kesesuaian tampilan, dan kegunaan fitur LKS praktikum. Hasil analisis keterbacaan memperoleh rata-rata presentase sebesar 94,06% yang menunjukkan bahwa LKS telah memenuhi syarat keterbacaan dan mudah dipahami. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...