COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, RIVIEW (MURDER) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA

Syarif Hidayat (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mood, Understand, Recall,Digest, Expand, Riview (MURDER) terhadap prestasi belajar fisika siswa.Populasi dalam penelitian ini berjumlah 174 siswa.Sampel diambil dengan cluster random sampling. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebaga ikelas kontrol.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat  perbedaan prestasi belajar fisika yang sangat signifikan antara model pembelajaran MURDER dengan model pembelajaran konvensional (ujit dengan signifikansi 0,000 < 0,01). Hal ini berarti bahwa ada pengaruh model pembelajaranMURDER terhadap prestasi belajar fisika siswa. 

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...