COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 1 (2014)

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN BESARAN DAN SATUAN PADA SISWA KELAS X SMA

Leonora Agustin Mompule (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Hidayati Hidayati (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan besaran dan satuan pada siswa kelas X melalui metode eksperimen dan pendekatan konvensional. Validitas butir soal diuji dengan korelasi product moment diperoleh hasil 26 sahih dan 4 butir soal gugur. Reliabilitas instrumen di uji dengan rumus KR-20 diperoleh rtt = 0,749 dengan status andal. Teknik analisis menggunakan uji t setelah dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas sebaran dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecenderungan prestasi belajar fisika pokok bahasan besaran dan satuan pada siswa kelas X semester I yang pembelajarannya konstruktivisme termasuk kategori tinggi, sedangkan dengan pendekatan konvensioanal termasuk kategori sedang. Secara komparatif ada perbedaan yang signifikan terlihat dari reratanya ternyata prestasi belajar fisika yang pembelajarannya dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen lebih tinggi daripada yang pembelajarannya dengan pendekatan konvensional. Hal ini berarti bahwa pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme melalui metode eksperimen lebih efektif dibanding pembelajaran dengan pendekatan konvensional.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...