COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 2 (2015)

HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

Kurniawan Kurniawan (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar fisika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional bersifat Ex Post Facto. Populasi penelitian sebanyak 673 siswa, dan sampel 111 siswa diambil dengan metode cluster random sampling. Uji validitas menggunakan korelasi product moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Chronbach dan Spearman Brown. Uji normalitas dengan Chi kuadrat perhatian orang tua menunjukan nilai p = 0,980 dan prestasi = 0,362 sehingga keduanya terdistribusi normal, dan uji linearitas dengan uji F nilai p = 0,379 sehingga memiliki hubungan yang linier. Hasil penelitian menggunakan regresi sederhana menunjukan nilai R = 0,502, dan p = 0,000 sehingga ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...