COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 2 No 1 (2015)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN DASAR LISTRIK

Untung Kuwatno (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Yuli Prihatni (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle (LC) terhadap prestasi belajar fisika siswa; serta untuk mengetahui kategori prestasi belajar fisika siswa. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 360 siswa. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan berjumlah 64 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran LC terhadap prestasi belajar fisika siswa. Prestasi belajar fisika siswa dengan model pembelajaran LCtermasuk kategori tinggi, sedangkan dengan model pembelajaran konvensional termasuk kategori sedang.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...