COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 1 No 2 (2014)

HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL, KEMAMPUAN MATEMATIKA, DAN KEAKTIFAN SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

Ivo Rahmawati (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Widodo Budhi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Hidayati Hidayati (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional, kemampuan matematika dan aktivitas siswa di kelas dengan prestasi belajar fisika kelas VIII SMPN 16 Yogyakarta Tahun Akademik 2012/2013. Pengumpulan data kemampuan belajarmatematika dan prestasi belajar fisika menggunakan tes dan kuesioner. Teknik kuesioner untuk mengukur kecerdasan emosional dan aktivitas siswa. Teknik analisis data deskriptif dengan kurva normal yang ideal dan korelatif dengan analisis regresi. Hasil penelitian deskriptif menunjukkan kecerdasan emosional, kemampuan matematika, aktivitas siswa, dan prestasi belajar fisika dikategori tinggi. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan ada hubunganpositif dan signifikan antara kecerdasan emosional, kemampuan matematika, dan aktivitas siswa dengan prestasi belajar fisika.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...