COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika
Vol 3 No 2 (2016)

HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN SISWA, LINGKUNGAN SOSIAL DAN INTENSITAS BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA

Ahni Ristanti (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)
Sumadi Sumadi (Prodi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kedisiplinan siswa, lingkungan sosial intensitas belajar dengan prestasi belajar fisika siswa kelas XI semester genap. Populasi penelitian 290 siswa. Sampel sebanyak 158 siswa dan menggunakan proporsional random sampling. Pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, uji reliabilitas menggunakan KR-20 dan Alpa Cronbach. Hasil penelitian menunjukkan Ada hubungan yang positif dan sangat signifikan antara kedisiplinan siswa,lingkungan sosial, intensitas belajar dengan prestasi belajar fisika. Nilai determinasi R2 = 0,470 dengan p = 0,000. Sumbangan efektif ketiga prediktor sebesar 47,015% terdiri kedisiplinan siswa 9,282%, lingkungan sosial 24,497% dan intensitas belajar 13,237%.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

COMPTON

Publisher

Subject

Education Physics

Description

The journal reports significant new findings related to physics and education physics, including: learning media development, learning methods development, learning methods implementation and several application of ...