Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 1, No 2 (2021): April

Strategi Komunikasi Persuasif Farah Qoonita Dalam Menyampaikan Dakwah Melalui New Media

Siti Aisyah Hajar (universitas teknologi sumbawa)
Muhammad Syukron Anshori (Universitas Teknologi Sumbawa)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2021

Abstract

Globalisasi dan perkembangan teknologi telah mengubah manusia menjadi lebih dinamis terhadap pola interaksi dan komunikasi, salah satunya seperti new media atau media digital untuk kepentingan transaksi informasi. Segala bentuk informasi dapat diakses melalui new media seperti blog, website, youtube dan media sosial (Siti,2017). Farah Qoonita menggunakan strategi komunikasi persuasif yaitu (The Psychodynamic strategy, The Sociocultural Strategy, dan The Meaning Construction Strategy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif Farah Qoonita dalam menyampaikan dakwah melalui new media dengan menggunakan teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball-Rokeach. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan serta uji kesimpulan. Hasil penelitian ini terdapat teori yang relevan dan mendukung rumusan masalah yang diteliti. Kesimpulan dari analisis strategi komunikasi persuasif Farah Qoonita dalam menyampaikan dakwah melalui new media sangat efektif yaitu desain grafis, bahasa yang digunakan dan posisi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...