MSI Transaction on Education
Vol 1 No 3 (2020): MSI Transaction on Education

Peningkatan Prestasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)

Putra, Nofrianto (Unknown)
Fernandez, Donny (Unknown)
Chandra, R (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran CTL pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di SMK Negeri 1 Pariaman. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM dengan jumlah siswa sebanyak 29 orang. Hasil belajar siswa sebelum tindakan nilai rata-rata 69.65 dengan persentase ketuntasan sebesar 51.72% , nilai rata-rata 69.79 dengan persentase ketuntasan sebesar 68.96% pada siklus I, nilai rata-rata 76.68 dengan persentase ketuntasan sebesar 82.75% pada siklus II, dan nilai rata-rata 80.27 dengan persentase sebesar 86.20% siswa yang tuntas pada siklus III.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mted

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

MSI Transaction on Education is a Quarterly peer-reviewed and refereed open access journal that publishes articles which contribute new results in all areas of Education. The journal is devoted to the publication of high quality papers on theoretical and practical aspects of Educational research. ...