Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2020): Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan

Model Pendidikan Karakter Untuk Peningkatan Soft Skill Mahasiswa Kebidanan

Risnati Malinda (STIKes Bustanul Ulum Langsa)
Azhar Azhar (STIKes Bustanul Ulum Langsa)
Uli Anto hutagalung (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)
Winning Amintas Kartika Waruwu (AKPER PemKab Nias)
Ade Amriani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2019

Abstract

Pendidikan kebidanan merupakan salah satu institusi pendidikan yang mencetak SDM dalam bidang kesehatan, namun kurikulum yang ada di pendidikan kebidanan saat ini belum mampu membekali karakter yang diperlukan dunia kerja. Salah satu fungsi dari pendidikan karakter adalah mengasah soft skill siswa di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh positif penerapan pendidikan karakter terhadap peningkatan etika moral, keterampilan komunikasi dan kerja tim mahasiswa kebidanan. Jenis penelitian adalah Action Research, dilakukan terhadap 50 orang mahasiswi tingkat I semester II Akademi Kebidanan Bustanul Ulum Langsa pada bulan Maret sampai Juni 2019. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan (n=25) dan kelompok tanpa perlakuan (n=25). Kelompok perlakuan diberikan pendidikan karakter dalam mata kuliah komunikasi dalam praktik kebidanan sebanyak 6 siklus dalam 6 kali pertemuan di kelas. Sedangkan kelompok tanpa perlakuan hanya mendapat mata kuliah komunikasi dalam praktik kebidanan tanpa pendidikan karakter. Penilaian dilakukan dua kali, pre test dilakukan sebelum siklus berjalan, dan post test dilakukan segera setelah 6 siklus pendidikan karakter diberikan. Instrumen penelitian menggunakan cheklist yang berisi indikator soft skill yang peneliti sediakan. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji Mann-Whitney dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan skor pre test dan post test etika moral kelas perlakuan (A) mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 54,1% sedangkan pada kelas tanpa perlakuan (B) meningkat 40,3% dan perbedaan ini secara statistik bermakna (p=0,037), keterampilan komunikasi kelas perlakuan (A) mengalami peningkatan sebesar 67,7% sedangkan kelas tanpa perlakuan (B) meningkat 46,7% dan perbedaan ini secara statistik bermakna (p=0,004), kerja tim kelas perlakuan (A) mengalami peningkatan yaitu sebesar 70,1% sedangkan kelas tanpa perlakuan (B) meningkat sebesar 40,9% dan perbedaan ini secara statistik bermakna (p<0,001). Simpulan penelitian ini adalah penerapan pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap peningkatan etika moral, keterampilan komunikasi dan kerja tim mahasiswa kebidanan, dan peningkatan etika moral, keterampilan komunikasi dan kerja tim mahasiswa kelas perlakuan lebih tinggi dibandingkan kelas tanpa perlakuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

semnas2019

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Ruang Lingkup prosiding Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan meliputi bidang Pendidikan Sosial dan Budaya, Pendidikan Kesehatan, Pendidikan Sains dan Teknologi Terapan, Pendidikan Mitigasi Bencana, Pendidikan Karakter dan Kearifan Lokal, Pendidikan Literasi, Bahasa, Sastra dan Seni, ...