ARBITRER: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 1 No 1 (2019): Arbitrer : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PERSONIFIKASI SISWA KELAS XI IPS-1 SMA NEGERI 8 AMBON

Makatita, Richardo (Unknown)
Sasabone, Carolina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2019

Abstract

Menulis merupakan salah satu keterampilan dasar terpenting bagi manusia, yaitu berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung. Salah satu ketrampilan yang harus dikuasai siswa pada umumnya adalah karya sastra menulis puisi. Berdasarkan observasi awal di kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Ambon ternyata kemampuan menulis puisi siswa masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan judul “Peningkatan kemampuan menulis puisi dengan menggunakan teknik personifikasi siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 8 Ambon”. Jenis penelitian yang dipakai adalah Peneletian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama hanya 5 siswa yang mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 25% atau kategori belum cukup. Pada akhir tindakan siklus kedua sebanyak 18 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dengan tingkat keberhasilan 90 % dengan nilai rata-rata dari 20 siswa adalah 81,56 atau kategori sangat baik sekali. Hanya 2 siswa yang masih kesulitan menentukan diksi dan gaya bahasa personifikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik personifikasi mampu meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

arbitrer

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Arbitrer: Jurnal Pendidikan dan Bahasa Indonesia memuat artikel-artikel ilmiah dalam bidang Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, termasuk Bahasa dan Sastra Daerah, ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Artikel dapat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan kajian ...