Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Vol 9, No 1 (2021)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 KENDARI

Faisal Faisal (Universitas Halu Oleo)
La Ndia La Ndia (Universitas Halu Oleo)
Rahmad Prajono (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan:(1) Untuk mengetahui aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS). Populasi penelitian melibatkan seluruh siswa kelas VII yang tersebar pada 11 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dari cara tersebut diperoleh dua kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIF sebagai kelas kontrol. Desain Penelitian menggunakan posttest only control group design. Data hasil penelitian dikumpulkan melalui pemberian instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika berbentuk soal esai dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan inferensial menunjukan bahwa:(1) Terdapat pengaruh yang signifikan thitung = 3,605 > ttabel = 1,674 dalam penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS terhadap kemampuanĀ  pemecahanĀ  masalah matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kendari

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan. ...