Tujuan dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi keuntungan, hambatan atau kendala dan Solusi system pembelajaran online yang sementara diimplementasikan sebagai akibat dari pandemic Covid-19. Dalam studi ini menggunakan metode eksploratif kualitatif , menggunakan metode survei kepada para peserta didik SMPN 3 Bae Kudus setelah empat minggu belajar online sebagai partisipan, di mana pembelajaran online dilaksanakan menggunakan sistem online. Sebanyak 120 peserta didik SMPN 3 Bae Kudus yang berpartisipasi dalam pembelajaran online mengisi kuesioner semi-terstruktur yang didistribusikan kepada mereka secara online. Hasil analisa dari artikel ini adalah keuntungan yang dirasakan siswa dengan adanya pembelajaran online adalah bisa mendengarkan di rumah, mereka tidak dibatasi oleh tempat itu, mereka bisa mendengarkan kapan saja di mana saja,dan mereka tidak dibatasi oleh waktu atau ruang dikelompokkan ke dalam pendidikan yang nyaman tema lingkungan, pemanfaatan waktu luang, sedangkan kekurangan dari pembelajaran online adalah ketidakstabilan jaringan, suara guru dan bahan ajar tidak serempak, mereka tidak bisa mengambil kelas ketika wifi atau jaringan tidak terhubung, konsentrasi berkurang . Saran perbaikan yaitu meningkatkan ketidakstabilan jaringan, mengaktifkan interaksi melalui peningkatan interaksi sepihak, dan melakukan kelas tatap muka untuk latihan.
Copyrights © 2020