Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR)
Vol. 2 No. 1 (2021): February 2021

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid 19 Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Tambahagung 03 Kecamatan Tambakromo Semester I Tahun Ajaran 2020/2021

Djaswadi, Djaswadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran daringpada masa pandemi Covid 19 di SD Negeri Tambahagung 03. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah(action research). Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menjelaskanupaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kelas melalui telaah RPP dan pelaksanaan pembelajaran daring serta meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Tambahagung 03 Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Hasil penelitian adalah adanya peningkatan dalam mengelola kelas meliputi telaah RPP dan pelaksanaan pembelajaran daring serta prestasi peserta didik. Hal ini terlihat dari hasil supervisi telaah RPP dan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan bahwa pada kondisi awal menunjukkan penyusunan RPP kelas IV, V, dan VI sudah dikerjakan dengan predikat cukup dan proses pembelajaran masih kurang persiapan, belum optimal dalam pemilihan media pembelajaran dan metode pembelajaran belum relevan serta keaktifan peserta didik cukup.Pada siklus I melalui supervisi administrasi perangkat pembelajaran, telaah RPP dan pelaksaanaan proses pembelajaran daring serta prestasi peserta didik dengan predikat baik (memenuhi KKM 65) dan guru dalam mengelola kelas tampak tidak nyaman sehingga pelaksanaan pembelajaran daring kelihatan gugup. Penggunaan media pembelajaran dan metode pembelajaran sudah relevan. Peserta didik kelihatan tertib dan lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Setelah siklus I peneliti mengadakan pembimbingan dengan metode pendekatan individual. Sedangkan pada siklus II, baik guru kelas IV, V, dan VI dalam pelaksanaan supervisi telaah RPP dan pelaksanaan pembelajaran daring serta prestasi peserta didik sudah lebih baik. Guru lebih nyaman, komunikatif, menggunakan media pembelajaran dan metode pembelajaran sudah relevan. Peserta didik lebih aktif bertanya kepada guru.Dengan ukuran kuantitatif guru kelas IV ada kenaikan sebesar 32,4% yaitu 71 menjadi 94. Untuk guru kelas V ada kenaikan sebesar 20,5% yaitu 72 menjadi 88. Sedangkan untuk guru kelasVI ada kenaikan sebesar 22,7% yaitu 75 menjadi 92. Secara umum guru kelas IV, V, dan VI keterampilan mengelola kelas berhasil dengan predikat baik dan amat baik. Proses pembelajaran lebih aktif, kreatif, inovatif, efektif dan menyenangkan. serta hasil prestasi peserta didik lebih baik dan melampaui KKM 65.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiemar

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering

Description

The aim of JIEMAR ( Journal of Industrial Engineering & Management Research is to publish theoretical and empirical articles that are aimed to contrast and extend existing theories, and build new theories that contribute to advance our understanding of phenomena related with industrial engineering ...