Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 1 (2018): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESULITAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA PADA PENERAPAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL)

Diana Sister (Universitas Negeri Medan)
Edi Syahputra (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada penerapan model problem based learning. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Swasta Al – Hikmah Medan. Objek penelitian ini adalah tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada penerapan model problem based learning dari 32 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 13%, kemampuan berpikir kreatif ‘rendah’ sebanyak 6%, kemampuan berpikir kreatif ‘sedang’ sebanyak 44%, kemampuan berpikir kreatif ‘tinggi’ sebanyak 5%, dan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat tinggi’ sebanyak 3%.Kata Kunci: Analisis, Berpikir Kreatif, Problem Based Learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...