Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 13, No 1 (2020): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA

Rina Ananta S. Sitepu (Universitas Negeri Medan)
Pargaulan Siagian (Universitas Negeri Medan)
Yulita Moliq Rangkuti (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis validitas perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan, (2) menganalisis kepraktisan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan; (3) menganalisis keefektifan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan; dan (4) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah menggunakan perangkat pembelajaran berbasis pembelajaran penemuan terbimbing berbantuan GeoGebra yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), dengan menngunakan model pengembangan Dick and Carrey, yang meliputi 10 langkah, yaitu: (1) identifikasi tujuan instruksional, (2) melakukan analisis instruksional, (3) identifikasi tingkah laku, (4) menuliskan tujuan pembelajaran, (5) mengembangkan strategi instruksional, (6) mengembangkan dan memilih bahan pembelajaran, (7) mengembangkan instrumen penilaian, (8) merancang dan melaksanakan evaluasi fomatif, (9) revisi instruksiona, and (10) mengebangkan dan melakukan evaluasi sumatif. Namun dalam penelitian ini hanya akan dilakukan sampai langkah revisi instruksional. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah buku guru, buku siswa, lembar kegiatan siswa, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-IPA dan X-IPS SMA Palapa Binjai. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan kriteria “Valid”; (2) perangkat pembelajarn memenuhi kriteria kepraktisan berdasarkan hasil observasi terhahadap keterlaksanaan perangkt pembelajaran dan hasil angket respon siswa dan guru; (3) perangkat pembelajaran memenuhi kriteria keefektifan berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis, hasil pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan pencapaian presentase waktu ideal; dan (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mengalami peningkatan dilihat dari peningkatan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis, peningkatan presentase ketercapaian klasikal, dan peningkatan rata-rata setiap indikator kemampuan pemecahan masalah matematis.Kata Kunci: Pengembangan, Pembelajaran penemuan terbimbing, GeoGebra, Pemecahan masalah matematis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...