Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 12, No 1 (2019): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KUALITATIF KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN KREATIVITAS BERPIKIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Ratu N. Perangin-angin (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Edi Syahputra (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) mengetahui kemampuan metakognisi siswa dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw, 2) mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, 3) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam pemecahan masalah metakognisi, 4) mengetahui kesulitan yang dialami siswa dalam berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Perangkat pembelajaran yang disiapkan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan lembar aktivitas siswa (LAS) untuk dua pertemuan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dari 38 orang siswa dengan kemampuan berpikir kreatif ‘sangat rendah’ sebanyak 6 siswa (15,79%), kategori ‘rendah’ sebanyak 19 siswa (50,00%), kategori ‘sedang’ sebanyak 7 siswa (18,42%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 4 siswa (10,53%), dan kategori ‘sangat tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%). (2) Tingkat kemampuan metakognisi dari 38 orang siswa dengan kemampuan metakognisi kategori ‘sangat rendah’ sebanyak 5 siswa (13,16%), kategori ‘rendah’ sebanyak 27 siswa (71,05%), kategori ‘sedang’ sebanyak 4 siswa (10,53%), kategori ‘tinggi’ sebanyak 2 siswa (5,26%), dan kategori ‘sangat tinggi’ tidak ada. (3) kesulitan bermetakognisi yang dialami siswa ditinjau berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur. (4) Kesulitan berpikir kreatif yang dialami siswa ditinjau berdasarkan pemenuhan indikator flexibility, fluency, originality dan elaboration.Kata Kunci: Berpikir Kreatif Matematis, Metakognisi, Model Kooperatif Jigsaw

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...