Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 4, No 1 (2011): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

TRANSPORTASI ANGKUTAN DARAT SEBAGAI KONTEKS UNTUK MEMBANTU SISWA SD MEMAHAMI OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN

Kairuddin . (Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan (UNIMED) 20221 Medan, Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konteks transportasi umum di Indonesia (yaitu angkot) , dapat digunakan untuk membangun penalaran siswa dan memahami konsep dasar penjumlahan dan pengurangan angka untuk siswa SD . Akibatnya , penelitian desain terpilih sebagai metode yang tepat untuk mencapai tujuan penelitian ini . Dalam pendekatan desain penelitian , urutan kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dikembangkan berdasarkan penyelidikan proses belajar siswa . 28 siswa dan seorang guru di kelas 2 sekolah dasar di Indonesia (yaitu MIN - 2 Palembang) yang terlibat dalam penelitian ini . Eksperimental Hasil menunjukkan bahwa mendapatkan dan turun penumpang di drama angkutan umum , bermain angkot - angkotan , dapat merangsang siswa untuk mendapatkan ide-ide tentang operasi bilangan . Selain itu , strategi dan alat yang digunakan oleh para siswa dalam bermain angkot - angkotan dapat dikembangkan secara bertahap , melalui pemodelan muncul, operasi penambahan dan pengurangan bilangan bulat. Dalam pengalaman belajar berbasis aktivitas untuk nomor penjumlahan dan pengurangan operasi, pemodelan muncul memainkan peran penting dalam penalaran pergeseran dari pengalaman konkret dalam tingkat situasional siswa terhadap konsep-konsep matematika formal .

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...