Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains
Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Number Head Together (NHT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang

Rosidah Rosidah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Akil Akil (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Taufik Mustofa (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian Quasi Eksperimental Design dengan populasi seluruh siswa kelas III MI AL-Wasthiyah Kotabaru Karawang pada tahun ajaran 2019/2020. Desain dalam penelitian ini adalah Noneequivalen Control Group Design dengan teknik purposive sampling pengambilan sampel dari populasi dilakukan tidak secara acak. Berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata pada tahap akhir diperoleh bahwa nilai Thitung sebesar 2,913 > Ttabel 2,048 dengan sig. (0,010) < ɑ (0,05) menunjukkan terdapat pengaruh yang tinggi sehingga dapat dikatakan adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MI Al-Wasthiyah Kotabaru Karawang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

intelektualita

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial, dan Sains (Intelektualita Journal: Islamic, Social, and Science Studies) (ISSN: 2303 - 2952 ; e-ISSN: 2622-8491) is a journal published by Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang. Published articles ...