Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 11, No 2 (2018): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA YANG DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP

Iwan Jepri (Universitas Negeri Medan)
Bornok Sinaga (Universitas Negeri Medan)
Hermawan Syahputra (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai gaya belajar siswa di SMP Santo Petrus Medan, kemudian menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemecahan masalah yang ditinjau dari gaya belajar akomodasi, divergen, konvergen, dan asimilasi. Selain itu, dilakukan wawancara terhadap kesalahan siswa untuk menemukan kesulitan siswa dalam pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian terhadap 33 siswa, diperoleh siswa dengan gaya belajar akomodasi berjumlah 5 siswa (15,15%), siswa dengan gaya belajar divergen berjumlah 8 siswa (24,24 %), siswa dengan gaya belajar konvergen berjumlah 7 siswa (21,21%), dan siswa dengan gaya belajar asimilasi berjumlah 13 orang (39,39%). Berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis siswa diperoleh tingkat kemampuan berpikir kreatif dalam kategori tinggi berjumlah 4 siswa (12,12%), kategori sedang berjumlah 7 siswa (21,21%), dan kategori rendah berjumlah 22 siswa (66,66%). Dari hasil wawancara terhadap siswa, untuk gaya belajar akomodasi mengalami kesulitan pada indikator konsep, prosedur, dan prinsip. Pada gaya belajar divergen siswa mengalami kesulitan pada indikator fakta, konsep, dan prinsip. Pada gaya belajar konvergen siswa mengalami kesulitan pada indikator prosedur, fakta, dan prinsip. Pada gaya belajar asimilasi siswa mengalami kesulitan pada indikator fakta, konsep, dan prinsip.Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Gaya Belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...