Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2015): PARADIKMA JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTUAN AUTOGRAPH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIK SISWA SMK MELALUI MODEL PENEMUAN TERBIMBING

Wasriono Wasriono (Pendidikan Matematika PPS Unimed Medan)
Edi Syahputra (Pendidikan Matematika PPS Unimed Medan)
Edy Surya (Pendidikan Matematika PPS Unimed Medan)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu produk berupa perangkat pembelajaran matematika dengan model penemuan terbimbing berbantuan Autograph dengan peta konsep pada materi aplikasi integral di kelas XII SMK yang meliputi : rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kegiatan siswa, dan buku siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli, guru, dan siswa kelas XII SMK.Validitas perangkat pembelajaran didasarkan atas pendapat validator, kepraktisan didasarkan pada respons guru dan siswa, dan keefektifan didasarkan pada, (1) ketuntasan minimal kemampuan pemahaman konsep matematik siswa, (2) aktivitas aktif siswa, dan (3) kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Dalam penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanya sampai menghasilkan produk final dan tidak dilakukan implementasi secara luas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model penemuan terbimbing berbantuan Autograph ini telah valid, praktis, dan efektif.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paradikma

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Paradikma: Jurnal Pendidikan Matematika (PJPM) focuses on presenting new ideas and essential developments for those working in mathematics education (subject matter: pedagogical, technological, psychological) and the application of mathematics in education. It seeks to reflect the diversity of ...